Wednesday, September 20, 2017

Umpan Ikan Lele Rahasia Paling Tokcer dan Ganas

Umpan ikan lele yang ampuh - Lele atau ikan keli adalah sejenis ikan yang hidup di air tawar. Lele mudah dikenali karena tubuhnya yang licin, agak pipih memanjang, serta memiliki "kumis" yang panjang, yang mencuat dari sekitar bagian mulutnya.

Ikan lele bersifat nokturnal, yaitu aktif bergerak mencari makanan pada malam hari. Pada siang hari, ikan lele berdiam diri dan berlindung di tempat-tempat gelap. Di alam, ikan lele memijah pada musim penghujan

Ikan Lele dicirikan dengan kumis dan senjata patil yang sebetulnya adalah sirip tambahan. Memiliki gerakan gesit dan suka hidup bergerombol dengan perkembangbiakan yang cepat sehingga dapat dipilih sebagai jenis bisnis yang prospektif.

Dengan gerakan meliuk-liuk membikin penasaran sejumlah penghobi mancing untuk menangkapnya. Ikan Lele mempunyai kandungan protein tinggi sehingga sering dibudidayakan untuk dikonsumsi.

Ikan lele itu sendiri  pada habitat alamiahnya melakukan aktifitas pencarian makannya lebih agresif pada malam hari dan pada siang hari lebih kepada berdiam diri dan berlindung ditempat yang teduh dan gelap.

Akan tetapi pada kolam pemancingan atau empang ikan lele yang paling sering dipakai untuk pancing adalah hasil dari budidaya kolam atau empang alias bukan dari alam.

Dikarenakan sudah sejak dari kecil diberi makan baik dipagi hari, siang hari sore hari ataupun malam hari, ikan lele ini sudah tidak lagi menjadi berprilaku nokturnal murni akan tetapi mencari makan disetiap saat dia merasa lapar.

Umpan mancing ikan lele Rahasia paling tokcer dan ganas

Tehnik Memancing ikan lele agar mendapatkan hasil yang memuaskan ada beberapa faktor tahap yang perlu anda siapkan 
  • Peralatan pancing (untuk peralatan pancing tidak di target kan atau bebas )
  • Umpan rahasia ikan lele yang paling manjur  
  • Memilih lokasi spot yang Paling tepat
  • Tehnik atau cara memancing ikan lele yang benar
Point-poin di atas adalah faktor yang paling penting untuk memancing ikan lele agar mendapatkan hasil yang memuaskan, untuk tehnik memancing ikan lele dan cara memilih lokasi yang benar tepat akan saya bahas di artikel berikut nya.

Di artikel ini saya akan bahas umpan rahasia untuk mancing ikan lele di pemancingan dan di alam liar sungai dan danau.

I. UMPAN MANCING IKAN LELE TERBAIK DI ALAM LIAR 


Di alam liar ini maksudnya seperti danau, sungai, empang dan lain-lain. Untuk umpan lele liar sangat lah mudah karena sifat nya alami, kita bisa gunakan umpan yang alami umpan hidup atau bisa juga umpan yang bau amis-amis.

Berikut umpan ikan lele untuk mancing di alam liar :

a. Umpan Cacing

Cacing termasuk hewan kecil yang notabenya juga sangat disukai oleh ikan lele. Ada beberapa jenis cacing yang cukup disukai. Menurut beberapa pendapat beberapa ahli, lele lebih menyukai jenis cacing cobra dan cacing merah. Untuk jenis cacing tanah, lele dianggap lebih menyukai cacing lur.

Biasanya kebanyakan pemancing, baik itu pada saat lomba galatama maupun pada saat memancing biasa di sungai. Jenis umpan lele yang satu ini di pasang di kail pancing dalam bentuk bergerombol mirip bentuk bola bergerak-gerak yang bisa menarik perhatian lele ketika berada di dalam air.

b. Umpan Jangkrik dan Orong-orong

Jangkrik dan orong-orong termasuk umpan lele yang juga sangat disukai. Biasanya kedua hewan kecil tersebut cukup diandalkan pada saat memancing di sungai maupun di kolam lomba. Ukuran tubuhnya tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil juga, sehingga dapat langsung dipasang sekaligus di kail pancing.

Melihat tubuh utuhnya yang belum sepenuhnya mati di pasang kail tersebut, secara tidak langsung lele juga bisa terpancing dan mendekati serta langsung melahapnya.

c. Umpan Katak Kecil

Katak kecil atau kecebong juga bisa menjadi menu utama para ikan lele. Ukuran tubuhnya juga tidak terlalu besar dan kecil, sehingga bisa langsung sekaligus di pasang dalam bentuk utuh di kail pancing.

Jenis umpan ikan lele yang satu ini sangat cocok untuk menggoda jenis ikan lele jumbo, mengingat postur tubuhnya yang lebih besar daripada lele lokal. Melihat bentuk badan kecebong yang aneh dan unik, lele dianggap akan tertarik dan langsung menyambar kail.

d. Umpan Usus Ayam

Dari sekian banyak jenis umpan lele, mungkin jenis inilah yang mungkin sedikit berbeda. Dimana untuk mendapatkannya sendiri tidaklah mudah, terkecuali para menghobi berkenan membeli memotong ayam untuk diambil ususnya.

Mungkin dari tidak dari segi bentuk, melainkan lebih ke unsur ramuan essen. Usus lele dianggap bisa menimbulkan aroma yang sangat menggoda untuk lele. Bahakan jenis pakan atau umpan yang satu terhitung lebih ampuh dan jitu pada saat di kolam galatama lele.

e. Umpan Daging

Karena ikan predator, lele tentunya sangat menyukai jenis umpan berbahan daging. Apapun jenis dagingnya, entah itu daging ayam, sapi, kambing dan sebagainya, lele jumbo atau lokal tidak akan ragu menyambarnya. Mungkin sedikit berbeda dengan usus ayam, jenis umpan lele yang terhitung tidak murah ini lebih bisa memancing nafsu makan lele.

Terlebih lagi ketika hujan sedang turun, nafsu makan lele akan meningkat dua kali lipat dan tanpa ragu langsung menyambar kail yang sudah terpasang jenis umpan yang satu ini.

f. Umpan Kadal Rumput dan Cicak Bakar

Menurut pengalaman beberapa penghobi lain, lele juga sangat menyukai kadal rumput dan cicak. Hanya saja sedikit berbeda dengan umpan jenis hewan kecil lainnya yang bisa disajikan mentah-mentah. Kedua jenis umpan lele ini harus dibakar setengah matang terlebih dahulu baru bisa dijadikan umpan mancing.

Dimana aroma bau gosong dan ditambah dengan aroma amis kedua binatang tersebut bisa memancing nafsu makan lele. Biasanya penghobi memotongnya kecil-kecil menjadi beberapa bagian dan dipasang di kail pancing.

g. Umpan Ikan Kecil

Sebagaimana dengan julukan yang telah berikan, lele tidak hanya dieknal sebagai ikan predator, melainkan juga dikenal sebagai hewan kanibal. Disamping memangsa jenis ikan yang berukuran lebih kecil darinya, ia juga tak segan memakan sendiri anak-anaknya ketika sedang kelaparan.

Oleh sebab itu, banyak juga penghobi yang memakai umpan lele berupa ikan kecil untuk memancing nafsu makan lele seperti cemplon dan sebagainya.

Umpan mancing ikan lele Rahasia paling tokcer dan ganas

Beberapa pemancing bahkan menggunakan umpan pelet ikan yang dicampur dengan bahan yang lain untuk menarik perhatian ikan lele.

Tapi sebenarnya ikan lele lebih tertarik dengan umpan yang memiliki aroma amis menyengat. Kebanyakan ikan lele yang besar merupakan predator bagi ikan-ikan kecil disekitarnya.

Sehingga Anda bisa memilih menggunakan umpan yang berasal dari hewan atau juga bahan yang menghasilkan aroma amis yang menyengat. Berikut ini beberapa umpan mancing ikan lele siang hari yang bisa Anda coba :

Campuran daging sapi

Untuk resep umpan yang pertama Anda bisa menggunakan daging sapi yang sudah digiling terlebih dahulu. Campuran yang dibutuhkan antara lain 2 ons daging sapi halus, 1 sendok makan dan 5 cc Essen Aquatic.

Campurkan semua bahan tersebut sampai merata dan siap digunakan. Walaupun terkesan simpel, umpan mancing lele siang hari ini sangat ampuh untuk mendapatkan hasil yang banyak. Agar lebih maksimal lagi gunakan umpan ini saat cuaca sedang panas agar aroma amis daging sapi bisa merata.

Campuran cacing sutra

Resep umpan mancing ikan lele siang hari yang kedua menggunakan bahan dasar cacing sutra. Cacing sutra juga merupakan salah satu makanan favorit bagi ikan lele.

Anda bisa mencampurkannya dengan 0,5 sendok teh cairan vanili, telur bebek sebanyak satu butir, bubuk garlic setengah sendok teh, pelet udang, 5 cc Essen Aquatic.

Cara meraciknya campurkan cacing sutra sebanyak satu genggam dengan semua bahan. Untuk Essen bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan antara 5-10 cc dalam satu adonan.

Selain itu Anda bisa menggunakan variasi bahan campuran berupa serangga favorit ikan lele. Serangga-serangga tersebut seperti jangkrik, laron dan lain-lain.

Biasanya para pemancing hanya menggunakan serangga saja tanpa dicampurkan dengan bahan-bahan tertentu. Dengan memberikan serangga tersebut sebagai campuran adonan akan membuat umpan mancing lele siang hari Anda akan semakin maksimal untuk memancing.

II. UMPAN MANCING IKAN LELE GALATAMA TERBAIK 


Berikut ini akan disajikan beberapa resep rahasia umpan galatama lele yang bisa Anda gunakan ketika mengikuti event atau perlombaan. Resep berikut ini diperoleh berdasarkan pengalaman dan juga hasil sharing para penghobi mancing di internet.

Sebenarnya memancing ikan lele tidaklah terlalu sulit karena ikan ini termasuk jenis ikan pemakan segala. Namun dengan racikan yang tepat, maka umpan yang akan Anda gunakan akan lebih menarik perhatian ikan lele yang berada di dalam kolam.

Umpan Ikan Lele Part 1
  • 2 ons daging sapi giling 
  • 1 sendok makan wijsman 
  • Campur semua bahan hingga merata 
  • Lebih bagus main gantung ketika suhu air mulai panas.
Umpan Ikan Lele Part 2
  • 1 Genggam cacing sutera 
  • 1/2 sendok teh vanili 
  • 1 telor bebek 
  • 1/2 sendok teh bubuk Garlic 
  • 1 pelet udang 
  • Campurkan semua bahan hingga merata
Umpan Ikan Lele Part 3
  • Usus ayam satu genggam 
  • Telur Ayam 
  • 1 Keju craft 
  • 1 lembar Indomie blender 
  • Usus dikukus hingga matang kemudian di blender. 
  •  Campur semua bahan jadi satu dan keraskan dengan indomie blender
Umpan Ikan Lele Part 4
  • Cacing tanah secukupnya 
  • 1 butir telur bebek (kuning telur) 
  • Campur cacing dan kuning telur aduk hingga merata 
  • Diamkan 2-3 jam agar aroma telur menempel
Umpan Ikan Lele Part 5
  • Jangkrik 1 ons 
  • Cuka grandong (attractant) 
  • Essen probait Bersihkan sungut dan kaki jangkrik 
  • Campurkan 60ml cuka dan 30 tetes essen 
  • Aduk hingga merata, umpan siap digunakan

Untuk Pemancingan Galatama itu sendiri ada 2 macam :

1. Galatama Harian
untuk galatama harian biasa nya hasil ikan di lepas lagi ke kolam jadi lele ini biasa nya lele jenis jumbo dari berat 3kg-7kg

2. Galatama Musiman
biasa nya hasil ikan di bawa pulang,, tipe ini lele yang paling ganas

Tehnik dan Tips Mancing ikan Lele yang bisa anda coba


1. Mata Pancing dan Benang pancing.
Gunakan kail yang memiliki ukuran 8 sampai 10, atau bisa dikondisikan pada target, dan kaitkan 2 atau 3 kail ini pada benang pancing yang bisa menarik ikan berukuran 3 Kg dan usahakan warnanya tidak terang. Gunakan pelampung yang agak tinggi agar lebih mudah melihat pancing Anda sudah dimakan atau belum oleh ikan.

2. Tempat atau Lapak
Carilah Tempat atau Lapak yang kira-kira memiliki galian tanah kolam pemancingannya cukup dalam. Walaupun pada saat baru dipindahkan kekolam ikan lele akan langsung mengitari kolam pemancingan. Tapi, besar kemungkinan ikan akan lebih dahulu menghampiri kolam yang lebih dalam galian tanahnya.

Jika ada lapak pinggir dikolam tersebut yang bersisian dengan keramba ikan biasanya ikan lele akan menghampiri kesisi tersebut. Jika Anda memancing disiang hari cari posisi tempat yang teduh dan apabi;la kelihatan ada lobang pada pinggir kolam pemancingannya biasanya ikan lele bersembunyi disekitar tempat tersebut.

3. Selera Makan Yang berubah-ubah
Pada saat memancing bawalah lebih dari 2 macam umpan yang tertera pada No. 1 dikarenakan selera ikan lele yang cepat berubah dalam makan.

4. Benang Pancing yang sering ditabrak
Ikan lele yang sudah tidak memiliki nafsu makan, biasanya pada saat didekat umpan ikan ini hanya melewati umpan tersebut dan tidak melahapnya. Tapi, terkadang menyentuh benang pancing Anda sehingga pelampung bergoyang.

Pada kondisi seperti ini sebaiknya Anda segera menarik pancing Anda dengan harapan kail tersangkut pada tubuh si ikan tersebut.

Demikian artikel tentang Umpan Ikan Lele Rahasia Paling Tokcer dan Ganas semoga artikel di atas bisa bermanfaat, salam angler.

Artikel Terkait

2 blogger-facebook

Thanks infonya https://bit.ly/2QTudQW

thank nice infonya, kunjungi http://bit.ly/2xRreQj


EmoticonEmoticon